Ngabuburit di Maharaja

August 27, 2011 / by / 0 Comment
Seminggu yang lalu saya diajak Pak Toni Wahid ngabuburit ke tempat Pak Kasmito, pemilik www.maharaja.com. Agendanya sih ingin menjajal memasak biji kopi menggunakan mesin roasting yang juga merupakan salah satu dagangan Beliau.

Perjalanan menuju kantor Maharaja Coffee yang berlokasi di Jl. Pangeran Jayakarta dari Jakarta Selatan sungguh merupakan perjalanan yang berat, apalagi di Jumat sore (ditambah lagi di bulan Puasa). Butuh waktu 2,5 jam untuk sampai di lokasi, plus dompet terkuras karena argo taksi. Ya sudahlah, mau bagaimana lagi? Ini Jakarta, Bung.

Ngabuburit di Maharaja

Sampai di ruko Pak Kasmito sekitar jam 5, pas sekali karena masih ada cukup waktu buat mencoba roaster Latina 801N berkapasitas 1,2kg yang nongkrong di lantai paling atas. Mesin buatan Taiwan dengan gas sebagai sumber panasnya ini sebenarnya bermerek generik. Pak Kasmito memberikan nama Latina supaya terdengar lebih keren. Hehehe..

Ngabuburit di Maharaja

1,2 kg biji kopi Java Jampit dijadikan bahan untuk melakukan demo dan dimasukkan ke dalam drum ketika indikator temperatur sudah menunjukkan suhu 170oC. Proses roasting distop pada suhu 230oC, beberapa saat setelah terdengar suara crack dari biji kopi untuk yang kedua kali dan wana biji kopi berubah menjadi moderate dark brown. Dari sejak biji kopi dimasukkan ke dalam drum hingga keluar di bak pendingin membutuhkan waktu sekitar 13,5 menit. Setelah disortir lagi untuk memisahkan dari yang cacat atau warnanya tidak seragam, biji kopi siap dimasukkan ke dalam kemasan one way valve.

Akhirnya proses roasting selesai dan saya dapat oleh-oleh berupa biji kopi Java Jampit yang barusan dimasak. Tapi katanya baru enak dinikmati setelah disimpan terlebih dahulu selama 3 sampai 4 hari.

Ngabuburit di Maharaja

Ngabuburit di Maharaja

 

 

 

 

 


ABOUT THE AUTHOR