Nikmatnya sajian di Gudeg Kandjeng

February 26, 2012 / by / 3 Comments

Dalam aktivitas harian, saya cukup sering melewati sebuah lapangan tenis beratapkan tenda putih yang menjulang yang ada di daerah Bulungan. Kalau melewati lapangan tenis ini dari arah jalan Hang Tuah X, Jakarta Selatan, pasti akan melihat sebuah tempat dengan nama Gudeg Kandjeng di kiri jalan tepat di sebelah lapangan tenis tersebut. Meskipun sering lewat di depannya, tapi saya hampir tidak pernah singgah untuk mencoba rumah makan ini sampai seminggu yang lalu. Rasa penasaran dan juga keinginan untuk mencoba tempat makan baru membuat saya membelokkan kemudi ke area parkir di depan Gudeg Kandjeng.

Gudeg Kandjeng menempati bangunan semi permanen yang tampaknya adalah teras sebuah rumah tua. Dekorasi rumah makan ini bernuansa  jaman dulu dengan foto-foto tua banyak terpajang di dinding, lampu antik tergantung di langit-langit, dan meja kursi kayu yang diberi taplak batik.

Ketika membuka daftar menu yang diberikan pelayan, ternyata gosip yang pernah saya dengar mengenai tempat ini adalah salah. Saya sering mendengar bahwa Gudeg Kandjeng ini makanannya enak tapi harganya cukup mahal. Ternyata harga menu makanannya masih bisa ditoleransi oleh dompet, Saudara! 😆   Saya memesan sepiring gudeg telur seharga Rp 20ribu dan segelas es beras kencur dengan harga Rp 9ribu. Sedangkan Fany memesan satu porsi garang asem, harganya Rp 19ribu.

Tekstur gudeg yang lembut disiram sedikit kuah santan yang gurih membuat sajian ini begitu nikmat. Uniknya, ada tambahan daun singkong yang bisa mengimbangi rasa manis gudeg dan menambah citarasa yang lebih segar. Bagaimana garang asemnya? Mencicipi daging ayam berkuah asam yang dibungkus daun pisang ini rasanya benar-benar WOW! Uenak buanget deh pokoknya. Citarasa asamnya pas dan menyegarkan, daging ayamnya juga lembut di mulut.

Soal dahaga, pas banget dibasuh dengan es beras kencur. Minuman tradisional yang terbuat dari beras dan kencur ini katanya berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Memang sih, jadinya nggak cukup sepiring makan di Gudeg Kandjeng ini. 😆

Kalau Anda suka menu masakan tradisional Jawa, silahkan mampir ke rumah makan ini di waktu makan siang atau selepas jam kantor. Buat saya, citarasa hidangan di Gudeg Kandjeng sangat memanjakan lidah. Semoga buat Anda juga. 😀


ABOUT THE AUTHOR