Toko Peralatan Kopi Philocoffee

January 25, 2013 / by / 0 Comment
REVIEW OVERVIEW
0
0

Buat sebagian orang, ngopi mungkin tidak hanya menjadi bagian dari rutinitas harian. Lebih dari itu, ngopi merupakan sebuah kegiatan eksplorasi citarasa yang menyenangkan dan seringkali mengundang rasa penasaran. Seorang coffee explorer tentu membutuhkan peralatan yang dapat mendukung petualangan kopinya tersebut.

Philocoffee project adalah salah satu dari beberapa toko peralatan kopi yang saya tahu. Bermula dari sebuah online store, Philocoffee memiliki misi untuk meningkatkan kualitas pengalaman menikmati kopi bagi para peminum kopi. Jika Anda masuk ke laman www.philocoffeeproject.com, ada begitu banyak jenis barang yang dijual mulai dari grinder, alat seduh manual, espresso maker, bahkan coffee roaster. Selain dari itu Philocoffee juga menjual biji kopi dari beberapa roaster lokal yang sudah memiliki nama baik.

Philocoffee Project

Kabar menggembirakan datang dari Philocoffee sejak tanggal 6 Juli 2012 lalu ketika akhirnya sebuah gerai fisik pertamanya dibuka di Jl. Margasatwa Raya no. 8A, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sejak pertama kali mendengar kabar tersebut saya selalu penasaran untuk datang berkunjung, namun ternyata niat saya tersebut baru kesampaian di bulan Januari 2013. 😆

Tidak terlalu sulit untuk menemukan gerai Philocoffee ini karena letaknya ada di tepi jalan utama. Di depan gerainya juga ada sebuah sign board dengan logo khas Philocoffee. Jika Anda kurang familiar dengan area selatan Jakarta, gunakan saja Google maps untuk memandu.

Philocofee - interior

Gerai Philocoffee ini berbentuk sebuah rumah yang dialihfungsikan menjadi sebuah showroom. Sungguh menyenangkan sekali akhirnya menemukan sebuah toko peralatan kopi dengan konsep swalayan seperti di Philocoffee ini. Untuk orang-orang konservatif yang selalu ingin menyentuh terlebih dahulu produk yang akan dibelinya, kehadiran gerai fisik Philocoffee ini tentu memberikan kepuasan lebih.  Ditambah lagi beberapa jenis barang bisa dicoba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk meminang.

Philocoffee - V60

Philocoffee - Cafelat

Inovasi Philocoffee tidak sampai situ saja. Setidaknya sudah dimulai sejak dua bulan terakhir ini, jika Anda mengikuti akun twitter Philocoffee di @philo_coffee, mereka juga mengundang para penikmat kopi ataupun pengunjung gerai untuk mencicipi kopi-kopi spesial yang sengaja disediakan secara gratis. Menurut saya ini adalah sebuah strategi marketing yang bagus untuk meningkatkan awareness terhadap gerai Philocoffee disamping juga sebagai ajang untuk bertukar ilmu atau sekedar bincang santai. Seperti kunjungan saya kesini yang tanpa direncanakan ternyata bertemu dengan Mas Mirza dan Fani, dua orang yang sudah lama berkecimpung di dunia kopi dengan bermula sebagai barista. Kini Mas Mirza adalah seorang Learning Specialist di Starbucks Indonesia, dan Fani yang juga jebolan dari perusahaan yang sama kini memiliki sebuah kafe di kawasan industri Cikarang. Obrolan bisa ngalor ngidul, tidak melulu harus tentang kopi, meskipun seringkali ujung-ujungnya kembali membahas dunia hitam itu. 😆

Philocoffee - kopi untuk semua

Philocoffee 01

Bagaimana soal pelayanan Philocoffee? Berdasarkan pengalaman saya yang berbelanja home brewing starter kit di toko ini, pelayanannya sangat memuaskan, baik untuk pembelian secara online maupun offline. Sedangkan dari sisi variasi barang yang dijual, saya rasa jenis produk yang ditawarkan Philocoffee sekarang jauh lebih lengkap dibanding masa awal saya mengetahui online store ini. Menurut saya Philocoffee masih akan terus berkembang karena di belakangnya ada tim yang tangguh dan konsisten untuk menjaga visi dan misinya.

Tertarik memiliki alat seduh untuk digunakan di rumah atau membuka kafe? Anda bisa sempatkan waktu untuk datang ke toko peralatan kopi yang satu ini.

Philocoffee - Dian


ABOUT THE AUTHOR