Headline Coffee

November 05, 2013 / by / 0 Comment

Mesin espresso: Rancilio Classe 6

Grinder: unknown

Manual brewing: French press, V60, chemex, syphon, aeropress, clever dripper

Roaster: Caswell’s Coffee (espresso blend), Headline Coffee

Operasional:

Senin – Kamis 08.00 – 22.00

Jumat – Minggu 08.00 – 24.00

Wi-Fi: YA

W.C: YA

Area merokok: YA

——————————————————————————————————————————————–

[No pictures in galley]

——————————————————————————————————————————————–

Banyaknya coffee shop di sekitaran Kemang, Jakarta Selatan, sepertinya tidak menyurutkan nyali seorang Mira Yudhawati untuk mewujudkan impiannya membuka kedai kopinya sendiri. Headline Coffee, nama kedai kopi yang dikelolanya bersama suami, lahir di awal tahun 2013.

Meski muda dalam usia tetapi Headline Coffee bisa dibilang sangat matang dari sisi kualitas kopi yang disajikan. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman panjang Mira di dunia kopi. Untuk Anda ketahui, Mira adalah seorang pencicip kopi tersertifikasi dan juga sensory judge World Barista Championship tersertifikasi.

Mungkin Headline bukanlah sebuah coffee shop yang menampilkan mesin espresso yang mewah ataupun roasting machine sekelas Probat untuk menunjukkan keseriusan mereka menjual kopi. Namun percayalah, bahkan hanya dengan menggunakan home coffee roaster seperti i-Roast, Headline bisa tetap menyajikan kopi yang sangat layak untuk dinikmati.

Intim, itulah kesan yang terasa jika Anda memasuki gerai Headline Coffee. Ruangan berukuran kira-kira 4 x 10 meter yang didominasi warna biru itu ditata dengan apik dan nyaman. Meskipun ruang interior terbatas, namun masih bisa dimanfaatkan untuk sebuah bar berbentuk L di salah satu sudut yang terdiri dari espresso bar dan slow bar. Di depan slow bar ini Anda bisa duduk menikmati “pertunjukan” dari barista dan mungkin ngobrol-ngobrol tentang kopi atau apapun.

Tidak hanya menjual biji dan minuman kopi, Mira dengan Headline-nya juga membantu memperkenalkan dan mengembangkan kopi Indonesia yang memiliki kualitas juara tetapi belum begitu dikenal khalayak. Salah satunya adalah kopi Solok, yang kebetulan juga menjadi kopi favorit para pengunjung kedai kopi yang berlokasi di Kemang Utara ini.

Seperti apa peran Headline mewarnai dunia kopi di Jakarta nantinya? Mari berharap Headline Coffee akan terus eksis seiring dengan meningkatnya konsumsi specialty coffee di Indonesia.

——————————————————————————————————————————————–


ABOUT THE AUTHOR